Selasa, 24 Januari 2017

TEKNIK DASAR-KUDA-KUDA

TEKNIK DASAR 1

Beberapa teknik dasar yang wajib diajarkan oleh para pelatih PS. Garuda Jisai kepada para siswa tingkatan dasar sabuk putih (Sodo II) dan sabuk kuning (Sodo I). Berikut beberapa teknik dasar tersebut :

1          KUDA-KUDA

Kuda-kuda adalah suatu posisi dimana kaki menapak untuk memperkuat posisi tubuh, agar tidak mudah dijatuhkan oleh lawan, disamping itu kuda-kuda juga sangat penting untuk menahan dorongan dari lawan dan menjadi dasar titik tolak serangan. Macam-macam kuda-kuda dasar dalam PS. Garuda Jisai, antara lain :


1.1          KODORI


Gambar 1.1. Kuda-Kuda Kodori
Kuda-kuda dengan kaki kiri di depan kaki kanan di belakang. Lutut kaki kiri ditekuk usahakan lurus dengan ibu jari kaki kiri. Sedangkan tangan kanan berada di pinggang dan tangan kiri berada di depan dengan siku tangan ditekuk.


1.2        KODORA


Gambar 1.2 Kuda-Kuda Kodora
Kebalikan dari Kuda-kuda Kodori, dengan kaki kanan di depan kaki kiri di belakang. Lutut kaki kanan ditekuk usahakan lurus dengan ibu jari kaki kanan. Sedangkan tangan kiri berada di pinggang dan tangan kanan berada di depan dengan siku tangan ditekuk.


1.3        KODOSA


Gambar 1.3 Kuda-kuda Kodosa
Kuda-kuda sejajar, badan tegap tangan di pinggang atau sabuk, kedua kaki dibuka dan badan direndahkan sehingga kedua lutut kaki tertekuk ke luar.


1.4        KODOSAIRI


Gambar 1.4 Kuda-kuda Kodosairi
Sama dengan kuda-kuda Kodosa tapi kaki kiri di depan, badan tegap tangan kanan di pinggang atau sabuk dan tangan kiri di depan, kedua kaki dibuka dan badan direndahkan sehingga kedua lutut kaki tertekuk ke luar.


1.5        KODOSAIRA


Gambar 1.5 Kuda-kuda Kodosaira
Kebalikan dari kuda-kuda Kodosaira tapi kaki kanan di depan, badan tegap tangan kiri di pinggang atau sabuk dan tangan kanan di depan, kedua kaki dibuka dan badan direndahkan sehingga kedua lutut kaki tertekuk ke luar.


1.6        KODOBU


Gambar 1.6 Kuda-kuda Kodobu
Atau kuda-kuda monyet, badan agak dibungkukkan ke depan, kedua tangan bisa di depan atau di pinggang atau di sabuk, kedua kaki dibuka dan badan direndahkan sehingga kedua lutut kaki tertekuk ke dalam.


1.7        KODOBURI


Gambar 1.7 Kuda-kuda Kodoburi
Sama seperti kuda-kuda kodobu tapi kaki kiri di depan, tangan kiri di depan dan tangan kanan bisa di pinggang atau di depan wajah, badan agak dibungkukkan ke depan, kedua kaki dibuka dan badan direndahkan sehingga kedua lutut kaki tertekuk ke dalam.


1.8        KODOBURA


Gambar 1.8 Kuda-kuda Kodoburi
Kebalikan dari kuda-kuda kodobu tapi kaki kanan di depan, tangan kanan di depan dan tangan kiri bisa di pinggang atau di depan wajah, badan agak dibungkukkan ke depan, kedua kaki dibuka dan badan direndahkan sehingga kedua lutut kaki tertekuk ke dalam.


1.9        LABIL KIRI


Gambar 1.9 Kuda-kuda Labil Kiri
Badan agak bungkuk ke depan, tangan kanan di pinggang atau di depan wajah, tangan kiri di depan, kaki kanan ditekuk dan menapak ke lantai, kaki kiri lurus dan menapak pada ujung kaki. Semua bobot berat badan berada di paha kaki kanan.


1.10    LABIL KANAN


Gambar 1.10 Kuda-kuda Labil Kanan

Kebalikan dari kuda-kuda labil kiri. Badan agak bungkuk ke depan, tangan kiri di pinggang atau di depan wajah, tangan kanan di depan, kaki kiri ditekuk dan menapak ke lantai, kaki kanan lurus dan menapak pada ujung kaki. Semua bobot berat badan berada di paha kaki kiri.

diperagakan oleh : Sdr. Asman, Fs.Df.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar