Selasa, 19 April 2016

SEJARAH KUNTAO

SEJARAH KUNTAO
Terjemahan dari www.wikipedia.org
Pendahuluan
Kuntao atau kuntau (拳 道, Peh-oe-ji: Kun-Thau, Tagalog: kuntaw) adalah istilah Hokkien untuk seni bela diri dari komunitas keturunan Tiongkok di Asia Tenggara, terutama Kepulauan Melayu. Dan sering dipraktekkan di Indonesia, Malaysia, Filipina dan Singapura, tidak ada perbedaan antara Kuntao dan silat. Keduanya mempengaruhi satu sama lain sampai ke titik di mana perbedaan diantara keduanya menjadi bias. Kuntao di Malaysia “Buah Pukul” diklasifikasikan sebagai silat meskipun aslinya berasal dari Yunnan, sementara Kuntao di Jawa “Harimau” mempertahankan status Kuntao nya meskipun sudah banyak dipengaruhi oleh agama dan budaya asli Jawa. Beberapa aliran kuntao tradisional, seperti Silat yang berumur 500 tahun, Kuntau “Tekpi” di Kedah dikategorikan sebagai silat.
Etimologi
Tidak ada standar hanzi (huruf  Tiongkok) untuk kata Kuntao tetapi arti yang paling umum adalah "Jalan kepalan tangan/tinju", terdiri dari kun 拳 yang berarti tinju dan tao 道 berarti jalan. Istilah ini awalnya digunakan untuk seni bela diri Tiongkok pada umumnya, dan identik dengan Quanfa (拳法, poj: kun-hoat). Dalam bahasa Inggris, dan bahkan dalam penggunaan Bahasa Tiongkok modern, Kuntao biasanya mengacu khusus untuk aliran yang dibawa ke Asia Tenggara dan sering tidak termasuk sistem beladiri Tiongkok lainnya.
Sejarah
Kehadiran seni bela diri Tiongkok di Kepulauan Melayu ditelusuri ke pertemuan kuno antara Tiongkok dan Asia Tenggara. Donn F. Draeger menyebut sebagai aliran beladiri terorganisir tertua di Indonesia. Budaya Toraja, Batak, dan Dayak semua menunjukkan pengaruh Tiongkok, dan senjata Tiongkok sering digambarkan dalam seni Sumatera kuno. Beberapa kuil-kuil Tiongkok pra-kolonial di Indonesia menampilkan gambar beladiri karakteristik Tiongkok selatan, dan banyak teknik dan senjata silat yang berasal dari Tiongkok. Banyak keluarga Peranakan masih dapat menelusuri sejarah klan mereka di wilayah tersebut dalam rute pelayaran Laksamana Cheng Ho, di sebagian Asia Tenggara, bangsa Tiongkok dibawa ke Kepulauan Melayu sebagai imigran kelas pekerja selama era kolonial di Indonesia khususnya, setiap masyarakat Tionghoa memiliki beberapa bentuk Kuntao, tapi secara tradisional terselubung dalam kerahasiaan. Baru tahun 1970-an, Kuntao sering dipraktekkan secara diam-diam untuk menghindari teknik tersebar ke pihak luar, baik ke orang-orang Tiongkok dan non-Tiongkok. Kuntao Tidak ditampilkan secara terbuka, dan yang demonstrasi ke publikpun menyembunyikan jurus-jurus yang sebenarnya. Hal ini berubah pada akhir abad ke-20, dan Kuntao sekarang diajarkan tanpa kerahasiaan. Saat ini, Kuntao menyebar di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Filipina. Kuntao diperkenalkan ke AS oleh Willem Reeders dan Willem de Thouars pada 1960-an.
Aliran
Kedua seni bela diri Tiongkok utara dan selatan yang diwakili di Kuntao, namun sebagian besar sistem berasal dari negara-negara selatan yang sama seperti masyarakat Tionghoa di Asia Tenggara yang melakukannya. Aliran Fujian, Shandong, Kongfu dan Guangdong mendominasi. Beberapa sistem yang langsung diimpor dari Tiongkok dan mengalami sedikit atau tidak ada perubahan sama sekali, seperti thaikek (taiji), pakua (Baguazhang atau telapak delapan trigram) dan peh-ho (baihe quan atau tinju bangau putih). Aliran-aliran lain mungkin gabungan dari  beberapa perguruan yang berbeda yang dihasilkan dari anggapan bahwa mereka harus beradaptasi dengan senjata di Asia Tenggara dan lingkungan sekitarnya. Aliran sanchian adalah dasar untuk semua aliran utama Kuntao.
Kuntao di Jakarta didominasi aliran Fujian, ditandai dengan kuda-kuda maju dan kaki kanan ke depan (kaki kanan maju). Semua kuda-kuda Fujian didasarkan pada pengamatan tidak hanya hewan tapi juga manusia, seperti bayi yang baru lahir atau orang mabuk. Berbeda dengan kuda-kuda rendah aliran lainnya, aliran Fujian utamanya antara kuda-kuda ting dan pa, keduanya dirancang untuk merasa nyaman dengan penempatan jarak kaki. Aliran Shandong - dipraktekkan di seluruh Jawa dan Madura - adalah turunan Saolim (Shaolin), diidentifikasi dari ibu jari di atas kepalan terkatup, serta sikap kuda-kuda kaki kiri mereka. Teknik mereka termasuk tendangan tinggi, berguling, melompat, dan kedua gerakan lengan pendek dan panjang. Aliran asal Kongfu dikenal karena kekakuan dan postur statis. Aliran Guangdong cepat dan energik, menunjukan gerakan lengan yang halus, dan formasi setengah tetutup untuk menangkis dan memblokir. Sekolah intern (Neijia) mendominasi di Malaysia, khususnya thaikek.
Senjata
Perbendaharaan persenjataan luas yang ada di Tiongkok tercermin dalam Kuntao, contoh yang paling terkenal adalah pedang, golok, tongkat, tombak dan pisau kupu-kupu. Di bawah ini adalah beberapa senjata yang digunakan dalam aliran  tradisional Kuntao. Pengucapan dan ejaan bervariasi sesuai dengan dialek dan sistem transliterasi digunakan.
•    Kiam (jian): pedang lurus bermata dua

•    Tou (dao): golok

•    Toya (gun): tongkat panjang, biasanya dari kayu atau besi

•    Chio (qiang): tombak, sering dengan bulu kuda terpasang di dekat pisau untuk mencegah darah menetes ke poros

•    Tai-chiu: trisula pendek

•    Kwan tou (Guan dao): tombak kerajaan golok mata satu dinamai dari Guan Yu Romance dari permainan tiga kerajaan

•    Hongkiat-kek (ji): tombak berujung bulan sabit

•    Hwa-kek: tombak menyerupai ji tetapi dengan dua bilah sabit, satu di setiap sisi tombak

•    Sang Kau (shuang gou): pedang kait

•    Sanh-chatting (Sanjie-gun): tongkat dibagi menjadi tiga bagian dengan panjang yang sama dan digabungkan bersama-sama oleh rantai

•    Liang-chatting (liang jie-gun): tongkat dirantai dibagi menjadi dua bagian, salah satu panjang dan satu pendek atau versi kecil di mana keduanya sama panjang

•    Kwai (Guai): tongkat pendek tradisional, biasanya berpasangan

•    Suk Piao (sheng biao): tali atau rantai dengan panah logam yang melekat pada salah satu ujung




Tidak ada komentar:

Posting Komentar